Minggu, 14 Oktober 2018

Pentingnya Awali Hari dengan #AksiSehatCeria bagi Para Remaja


Hallo semuanyaa.. Apa kabar mu hari ini? Semoga sehat selalu yaa^^ Bagaimana aktivitas mu setiap harinya? Apakah kegiatan mu setiap harinya semakin padat? Jika iya, seringkali dengan padatnya aktivitas kita sehari-hari secara tak sadar kita terjerumus pada pola hidup yang tidak sehat. Apalagi masih banyak para remaja yang kurang peduli mengenai pola hidup yang sehat bagi dirinya. Banyak para remaja, khususnya Pelajar yang seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya. Seperti halnya, melewatkan jam makan entah itu makan pagi, makan siang ataupun makan malam sekalipun. Selain itu seringnya tidur larut malam, mengkonsumsi makanan cepat saji, kurangnya olahraga, dan kurangnya asupan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini membuat pola hidup para remaja sekarang menjadi letih dan lesu, kurang focus dalam belajar, wajah tidak segar, berat badan yang menurun, rentan terhadap penyakit dan kurang bersemangat. Mulai pada detik ini,  Para Remaja harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Sebagian besar para remaja seringkali menghiraukan atau menyepelekan arti pentingnya kesehatan bagi dirinya sendiri. Sering menganggap ringannya suatu penyakit merupakan suatu anggapan yang salah besar, karena penyakit sekecil apapun pasti akan mempunyai dampak yang sangat berpengaruh besar bagi diri kita sendiri. Akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika jatuh sakit dan akan ada banyak hal positif yang terlewatkan pula ketika jatuh sakit. Untuk itu, kesadaran para remaja perlu ditingkatkan kembali mengenai pentingnya kesehatan bagi kehidupan mendatang yang lebih baik lagi. Para Remaja harus bisa memilih mana yang terbaik bagi dirinya dan yang terburuk bagi dirinya perlu ditinggalkan.

Hai para kaum muda, ingatlah bahwa sehat itu mahal. Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah sebuah keharusan. Ingatlah pula akan pepatah yang mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Maka dari itu, sesibuk apapun kegiatan kita dimanapun itu, kita tetap harus bisa menyeimbangkan pola hidup yang sehat.

Yuk awali hari mu dengan pola hidup yang sehat dimulai dari sekarang!
1.      Mulailah dengan mencintai diri sendiri.
Langkah awal dari #AksiSehatCeria adalah mulai mencintai diri kita sendiri. Mencintai diri kita sendiri berarti kita dapat memperhatikan diri sendiri dari hal kecil sekalipun. Selain itu kita dapat lebih mengenal diri kita sendiri sehingga lebih dapat menerima apa adanya kelebihan dan kekurangannya. Dengan mencintai diri sendiri, kita dapat mengambil lebih banyak manfaat dengan pemikiran positif terhadap hal apapun yang tentu menjadikan hidup kita menjadi pribadi yang lebih bahagia setiap harinya.
 
2.      Tidur dan beristirahatlah yang cukup
Salah satu kunci menerapkan pola hidup yang sehat ceria adalah dengan tidur dan istirahat yang cukup. Karena padatnya aktivitas kita diluar, tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat melanjutkan kegiatan yang produktif.

3.      Asupan makanan yang sehat
Utamakan makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Perbanyak makan buah serta sayur, kurangi makanan cepat saji. Makanlah yang teratur, jangan melewatkan makan pagi, siang dan malam.

4.      Perbanyak konsumsi air putih
Tanpa sadar sebagian besar dari kita sebenarnya kurang cukup minum air putih. Kita seringkali mengkonsumi air putih hanya saat merasa haus saja. Tanpa saat haus saja pun, tubuh kita membutuhkan air putih untuk membuang zat-zat beracun, membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mencegah terjadinya dehidrasi.

5.      Rajin Berolahraga
Walaupun aktivitas kita padat, tetapi sempatkanlah waktu untuk olahraga. Minimal, berjalan-jalan mengelilingi kompleks perumahan, sekeling tempat sekolah atau tempat kerja dan memilih naik tangga daripada lift. Rajin berolahraga dapat membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh termasuk menjaga berat badan ideal, menurunkan risiko berbagai penyakit.

6.      Lakukan donor darah
Perlu diketahui, Manfaat donor darah yaitu : Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, Menurunkan risiko kanker, Membantu menurunkan berat badan, Mendeteksi penyakit serius, Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

7.      Jaga Kebersihan
Tempat yang kotor menjadi sarang berkembang biak bakteri. Oleh karena itu, selalu menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih. Mulailah dengan cara mandi secara teratur, sikat gigi secara teratur, menggunting kuku, membersihkan ruangan yang kotor dan berdebu dengan menggunakan masker.

8.      Disiplin, Konsisten dan Jangan Malas
Tanpa disadari, pola hidup yang sehat itu tidak perlu dengan membayar mahal atau pada dasarnya mudah untuk dilakukan. Tentunya kita harus menanamkan pada diri kita sendiri untuk disiplin, konsisten dan jangan malas untuk mengubah hidup menjadi lebih baik lagi.

Mari kita terapkan pola hidup sehat dari sekarang! Demi kesehatan kita semua di masa depan. Selain itu, DokterSehat selalu membantu kita dalam perkembangan menerapkan #AksiSehatCeria :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar